Ricky : 085641209069 (2A122A02) Bagas : 085799890471

Minggu, 30 September 2012

Materi Internet



INTERNET

A.      Pengertian Internet
Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking yang berarti jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung. Namun istilah internet yang dikenal mengacu pada gabungan jaringan komputer di seluruh dunia. Jadi pengertian Internet adalah gabungan jaringan computer diseluruh dunia yang membentuk suatu system jaringan informasi global.
Secara umum internet mempunyai fungsi :
a.       Sebagai media informasi
Internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan jumlah yang tidak terbatas. Dengan internet kita bisa mengakses informasi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.
b.      Sebagai media komunikasi
Internet merupakan sarana untuk bertukar informasi dan berkomunikasi dari computer yang satu dengan yang lain tanpa dibatasi oleh jarak dan dapat dilakukan pada waktu yang cepat.
c.       Sebagai media transaksi
Di internet kita bisa melakukan proses transaksi tanpa harus bertemu antara penjual dan pembeli atau hal ini sering disebut e-commerce.

                Di internet ada dua type computer yang digunakan :
a.    Komputer server yaitu computer penyedia layanan dan informasi, misalnya ensiklopedia, pengetahuan, pendidikan, berita, dan hiburan. Informasi-informasi itu bias dalam bentuk teks dan multimedia (gambar, suara, video, animasi)
b.    Komputer client yaitu computer pengakses informasi dan layanan yang disediakan oleh computer server dengan menggunakan perangkat lunak tertentu, misal : Internet explorer, Mozilla firefox, Google chrome, opera)

1.    Sejarah Internet
Sejarah internet berawal dari Departemen pertahana Amerika Serikat yang mengembangkan ARPANET (Advance Research Project Agency) yaitu sebuah riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk sebuah jaringan. Dan riset itu dilakukan pada tahun 1969. Setelah mengalami perkembangan-perkembangan maka pada tahun 1990 pemerintah Amerika Serikat memberikan izin kea rah komersial yang dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan sebagai sarana bisnis mereka, dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 1994.

2.    Layanan di Internet
a.    WWW (world wide web)
Layanan ini menyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung di computer client dengan menggunakan protocol HTTP (hyper text transfer protocol) dan program aplikasi browser internet.
b.    E-mail (electronic mail)
Fasilitas ini digunakan untuk komunikasi antar pengguna internet melalui surat elektronik, yaitu surat dalam bentuk file yang bisa dibuka/dibaca di computer.
c.     Milist (mailing list)
Mailing List merupakan sebuah alamat e-mail yang didalamnya berisi kumpulan alamat e-mail anggotanya. Dengan mengirimkan pesan ke sebuah milist, pesan akan terkirim ke semua anggota milist tersebut.
d.    Newsgroup atau kelompok diskusi
Merupakan layanan untuk menyampaikan pendapat atau memberikan tanggapan atas topic tertentu. Pendapat atau tanggapan di newsgroup dapat dibaca oleh semua penggunanya. Adapun website yang menyediakan layanan newsgroup adalah www.eclipse.org

e.    Gopher
Gopher merupakan layanan internet berbasis teks. Layanan gopher ini sekarang sudah digantikan oleh layanan WWW yang mampu menampilkan aspek grafis, tidak hanya teks.
f.     IRC (internet relay chat)
Ini adalah layanan chatting di internet. Layanan ini hampir sama dengan newsgroup, tetapi tidak dikhususkan pada topic tertentu. Untuk menggunakan layanan ini, pengguna biasanya cukup mendaftar ke server IRC yang diinginkan.
g.    VoIP (Voice over Internet Protocol)
Merupakan layanan menelepon melalui internet. Dan biaya yang dibebankan hanya biaya akses internet.
h.    FTP (file transfer protocol)
Layanan ini digunakan untuk memindahkan file dari satu computer ke computer lain di internet dengan konsep client server.
i.      Telnet
Telnet digunakan untuk mengakses data di computer lain di internet dan menjalankan program-program didalamnya. Pengguna harus melakukan registrasi di computer server untuk dapat mengakses layanan ini.

3.    Dampak Internet
Dampak Positif
a.       Internet sebagai media komunikasi
b.      Media pertukaran data
c.       Media untuk mencari informasi atau data
d.      Kemudahan memperoleh informasi
e.      Sumber informasi
f.        Kemudahan berbisnis
g.       Sumber penghasilan

Dampak Negatif
a.       Pornografi
b.      Violence and Gore (kekejaman dan kesadisan)
c.       Penipuan
d.      Carding
e.      Mengurangi sifat sosial
f.        Kecanduan
g.       Virus komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9